KEBIJAKAN PRIVASI

Adanya Kebijakan Privasi ini adalah komitmen nyata dari Oye Oye untuk menghargai dan melindungi setiap data atau informasi pribadi Pengguna situs oyeoye.co.id serta aplikasi gawai Oye Oye (selanjutnya disebut sebagai “Situs”).
Kebijakan Privasi ini (beserta syarat-syarat penggunaan dari situs Oye Oye sebagaimana tercantum dalam “Syarat & Ketentuan” dan informasi lain yang tercantum di Situs) menetapkan dasar atas perolehan, pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penampilan, pembukaan, dan atau segala bentuk pengelolaan yang terkait dengan data atau informasi yang Pengguna berikan kepada Oye Oye atau yang Oye Oye kumpulkan dari Pengguna, termasuk data pribadi Pengguna, baik pada saat Pengguna melakukan pendaftaran di Situs, mengakses Situs, maupun mempergunakan layanan-layanan pada Situs (selanjutnya disebut sebagai “data”).
Dengan mengakses dan atau mempergunakan layanan Oye Oye, Pengguna menyatakan bahwa setiap data Pengguna merupakan data yang benar dan sah, serta Pengguna memberikan persetujuan kepada Oye Oye untuk memperoleh, mengumpulkan, menyimpan, mengelola dan mempergunakan data tersebut sebagaimana tercantum dalam Kebijakan Privasi maupun Syarat dan Ketentuan Oye Oye. 

Perolehan dan Pengumpulan Data Pengguna Oye Oye

mengumpulkan data Pengguna dengan tujuan untuk memproses transaksi Pengguna, mengelola dan memperlancar proses penggunaan Situs, serta tujuan-tujuan lainnya selama diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Adapun data Pengguna yang dikumpulkan adalah sebagai berikut:

1. Data yang diserahkan secara mandiri oleh Pengguna, namun tidak terbatas pada data yang diserahkan pada saat Pengguna membuat atau memperbarui akun Oye Oye, termasuk diantaranya nama pengguna (username), alamat email, nomor telepon, password, alamat, foto, dan lain-lain;

2. Data tambahan diinput dan dicantumkan dari beberapa sumber antara lain ;

 a. Menghubungi Oye Oye, termasuk melalui layanan konsumen;

 b. Mengisi survei yang dikirimkan oleh Oye Oye atau atas nama Oye Oye;

 c. Melakukan interaksi dengan Pengguna lainnya melalui fitur pesan, diskusi produk, ulasan, rating, Pusat Resolusi dan sebagainya;

 d. Mempergunakan layanan-layanan pada Situs, termasuk data transaksi yang detil, diantaranya jenis, jumlah dan/atau keterangan dari produk atau layanan yang dibeli, alamat pengiriman, kanal pembayaran yang digunakan, jumlah transaksi, tanggal dan waktu transaksi, serta detil transaksi lainnya;

 e. Mengisi data-data pembayaran pada saat Pengguna melakukan aktivitas transaksi pembayaran melalui Situs, termasuk namun tidak terbatas pada data rekening bank, kartu kredit, virtual account, instant payment, internet banking, gerai ritel; dan/atau

 f. Menggunakan fitur yang membutuhkan izin akses terhadap perangkat Pengguna.

3. Mitra usaha Oye Oye yang turut membantu Oye Oye dalam mengembangkan dan menyajikan layanan-layanan dalam Situs kepada Pengguna.

Oye Oye dapat menggabungkan data yang diperoleh dari sumber tersebut dengan data lain yang dimilikinya.

Penggunaan Data Oye Oye

dapat menggunakan keseluruhan atau sebagian data yang diperoleh dan dikumpulkan dari Pengguna sebagaimana disebutkan dalam bagian sebelumnya untuk hal-hal sebagai berikut:

1. Memproses segala bentuk permintaan, aktivitas maupun transaksi yang dilakukan oleh Pengguna melalui Situs, termasuk untuk keperluan pengiriman produk kepada Pengguna.

2. Penyediaan fitur-fitur untuk memberikan, mewujudkan, memelihara dan memperbaiki produk dan layanan kami, termasuk:

 a. Menawarkan, memperoleh, menyediakan, atau memfasilitasi layanan marketplace, maupun produk-produk lainnya melalui Situs;

 b. Memungkinkan fitur untuk mempribadikan akun Oye Oye Pengguna, seperti Wishlist dan Toko Favorit; dan/atau

 c. Melakukan kegiatan internal yang diperlukan untuk menyediakan layanan pada situs/aplikasi Oye Oye, seperti pemecahan masalah software, bug, permasalahan operasional, melakukan analisis data, pengujian, dan penelitian, dan untuk memantau dan menganalisis kecenderungan penggunaan dan aktivitas.

3. Membantu Pengguna pada saat berkomunikasi dengan Layanan Pelanggan Oye Oye, diantaranya untuk:

 a. Memeriksa dan mengatasi permasalahan Pengguna;

 b. Mengarahkan pertanyaan Pengguna kepada petugas Layanan Pelanggan yang tepat untuk mengatasi permasalahan; dan

 c. Mengawasi dan memperbaiki tanggapan Layanan Pelanggan Tokopedia.

4. Menghubungi Pengguna melalui email, surat, telepon, chat pribadi, dan lain-lain, termasuk namun tidak terbatas, untuk membantu dan/atau menyelesaikan proses transaksi maupun proses penyelesaian kendala.

5. Menggunakan informasi yang diperoleh dari Pengguna untuk tujuan penelitian, analisis, pengembangan dan pengujian produk guna meningkatkan keamanan dan keamanan layanan-layanan pada Situs, serta mengembangkan fitur dan produk baru.

6. Menginformasikan kepada Pengguna terkait produk, layanan, promosi, studi, survei, berita, perkembangan terbaru, acara dan lain-lain, baik melalui Situs maupun melalui media lainnya. Oye Oye juga dapat menggunakan informasi tersebut untuk mempromosikan dan memproses kontes dan undian, memberikan hadiah, serta menyajikan iklan dan konten yang relevan tentang layanan Oye Oye dan mitra usahanya.

7. Melakukan monitoring ataupun investigasi terhadap transaksi-transaksi mencurigakan atau transaksi yang terindikasi mengandung unsur kecurangan atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan atau ketentuan hukum yang berlaku, serta melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan sebagai tindak lanjut dari hasil monitoring atau investigasi transaksi tersebut.

8. Dalam keadaan tertentu, Oye Oye mungkin perlu untuk menggunakan ataupun mengungkapkan data Pengguna untuk tujuan penegakan hukum atau untuk pemenuhan persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku, termasuk dalam hal terjadinya sengketa atau proses hukum antara Pengguna dan Oye Oye.

Pengungkapan Data Pribadi Pengguna

Oye Oye menjamin tidak ada penjualan, pengalihan, distribusi atau meminjamkan data pribadi Anda kepada pihak ketiga lain, tanpa terdapat izin dari Anda, kecuali dalam hal-hal sebagai berikut:

1. Dibutuhkan adanya pengungkapan data Pengguna kepada mitra atau pihak ketiga lain yang membantu Oye Oye dalam menyajikan layanan pada Situs dan memproses segala bentuk aktivitas Pengguna dalam Situs, termasuk memproses transaksi, verifikasi pembayaran, pengiriman produk, dan lain-lain.

2. Oye Oye dapat menyediakan informasi yang relevan kepada mitra usaha sesuai dengan persetujuan Pengguna untuk menggunakan layanan mitra usaha.

3. Dibutuhkan adanya komunikasi antara mitra usaha Oye Oye (seperti penyedia logistik, pembayaran, dan lain-lain) dengan Pengguna dalam hal penyelesaian kendala maupun hal-hal lainnya.

4. Oye Oye dapat menyediakan informasi yang relevan kepada vendor, konsultan, mitra pemasaran, firma riset, atau penyedia layanan sejenis.

5. Pengguna menghubungi Oye Oye melalui media publik seperti blog, media sosial, dan fitur tertentu pada Situs, komunikasi antara Pengguna dan Oye Oye mungkin dapat dilihat secara publik.

6. Oye Oye dapat membagikan informasi Pengguna kepada anak perusahaan dan afiliasinya untuk membantu memberikan layanan atau melakukan pengolahan data untuk dan atas nama Oye Oye.

7. Oye Oye mengungkapkan data Pengguna dalam upaya mematuhi kewajiban hukum dan/atau adanya permintaan yang sah dari aparat penegak hukum

Penyimpanan dan Penghapusan Informasi

Oye Oye akan menyimpan informasi selama akun Pengguna tetap aktif dan dapat melakukan penghapusan sesuai dengan ketentuan peraturan hukum yang berlaku.

Pembaharuan Kebijakan

Oye Oye dapat sewaktu-waktu melakukan perubahan atau pembaruan terhadap Kebijakan Privasi ini. Oye Oye menyarankan agar Pengguna membaca secara seksama dan memeriksa halaman Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan Situs maupun layanan Oye Oye lainnya, maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Kebijakan Privasi.